2 Sistem PPC atau Pay Per Click atau Bayar per Klik adalah suatu program periklanan di Internet yang disediakan oleh sebuah perusahaan periklanan on-line, yang diperuntukan untuk program pemasangan iklan. ada 2 type PPC yaitu sebagai berikut:

a. PPC untuk Advertiser (Pemasang Iklan)

Sistem kerja:
Seorang Pemilik produk (bisa produk barang, dsb), yang melakukan promosi tentang produk dan jasa mereka yang dilakukan dengan memasang iklan di suatu penyedia jasa iklan (overture, google, dll). Lalu bagaimana sistem ini bekerja? Si pengiklan A memasang iklan di web site B (jasa pngiklan), kemudian Si jasa pengiklan B akan menampilkan iklan yang dipesen tersebut di dalam websitenya.
Lalu…datanglah pengunjung ke website B, dan pengunjung tersebut melihat iklan si A, dan mengekliknya. Nah, terjadilah transaksi pembayaran iklan oleh si pengiklan ke si punya jasa.

Ringkasnya, Pengiklan akan membayar jasa iklan setiap iklannya di klik oleh pengunjung.

b. PPC untuk Publisher (Penerbit Iklan)

Sistem kerja:
Sebaliknya PPC untuk Publisher bekerja kebalikan dari PPC untuk Advertiser.
Secara ringkas, sistem kerja ini adalah: si Publisher (pemilik website) akan mendaftarkan program periklanan PPC di suatu program PPC (misal Google Adsense, dll). Dan kode iklan dari program PPC itu akan dimasukan ke dalam website si Publisher. Iklan pengiklan akan tampil di website si Publisher.
Ketika si pengunjung website si Publisher melihat iklan yang tampil sesuai dengan isi websitenya dan mengliknya, maka si Publisher dapat bayaran dari setiap kliknya.

Ringkasnya, si Publisher akan mendapat bayaran dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung (tapi ingat, klik tidak dilakukan sengaja oleh kita, menyuruh orang untuk mengekliknya, dsb karena ini pelanggaran dan account kita akan ditendang dari system mereka. Baca dulu ketentuan (FAQ) dari setiap program PPC yang kita ikuti.

Ada banyak program PPC yang dapat kita ikuti, dan yang sudah terkenal misalnya:

  • Google Adsense
  • Widgetbucks
  • Adsense Indonesia
  • Kontera
  • Dll, bisa dicari di Google, atau Yahoo dengan mengetik kata “pay per click program”, maka program PPC akan bermunculan di sana.