Download Panduan Dapodikmen 8.2.3 – Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodikmen

di Seluruh Nusantara

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Menindaklanjuti dengan telah dirilisnya Aplikasi Dapodikmen versi 8.2.3 yang bertepatan dengan akan dimulainya Tahun Ajaran baru 2015/2016, kami telah menyelesaikan “Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen untuk SMA/SMK/SMLB”. Buku tersebut sengaja disusun dalam rangka mempermudah para Operator Dapodikmen untuk menjalankan dan melengkapi data pada Aplikasi Dapodikmen Buku panduan ini berisikan petunjuk dan pedoman mengenai tata cara  pengisian data, alur entri data, dan prosedur melakukan proses transaksional serta periodikal secara lengkap. Buku panduan ini juga telah menjabarkan secara lengkap tata cara pembentukan rombongan belajar yang beragam serta pengisian menu pembelajaran untuk SMA/SMK/SMLB.

Penyempurnaan Aplikasi Dapodikmen versi 8.2.3 bertujuan untuk mendukung pencapaian target mengenai kualitas kelengkapan data Dapodikmen menjadi 100%. Pada aplikasi Dapodikmen telah dilakukan pengembangan dan penambahan fitur-fitur yang cukup signifikan. Hal tersebut dilihat dari sisi aplikasi yang memiliki tampilan lebih atraktif  dengan beberapa tambahkan fitur-fitur baru pada beranda dan output untuk pemanfaatan data di Sekolah. Selain itu pada data referensi juga telah dilakukan penyempurnaan terkait implementasi kurikulum dan pembelajaran, serta penambahan referensi baru untuk bentuk pendidikan SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama).

Pemanfaatan dan penggunaan data dari Dapodikmen untuk berbagai kebijakan pemberian bantuan sosial di Lingkungan Ditjen Dikmen Kemdikbud juga semakin ditingkatkan. Oleh karena itu, pada buku panduan ini juga dimuat panduan mengenai Program Indonesia Pintar (PIP) dan proses validasinya. Selain itu juga banyak sekali disertakan kumpulan pertanyaan  dari masalah-masalah yang sering dihadapi sekolah dan telah dilengkapi dengan jawaban dan solusi. Tidak lupa juga disertakan berbagi tips dan trik yang dapat dimanfaatkan operator sekolah untuk membantu dan mempermudah dalam menjalankan Aplikasi Dapodikmen

Harapan kami semoga buku panduan ini akan bermanfaat dan memberikan pencerahan sehingga pada akhirnya mendorong tercapainya data Dapodikmen 100% baik secara kuantitas maupun kualitas.

Kami sadar bahwa buku panduan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu masukkan positif dari Bapak/Ibu operator Dapodikmen untuk pengembangan lebih lanjut sangat kami harapkan. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih..

Ayo…dibaca dulu buku panduannya sekarang…..

Tidak mau membaca akan sesat di jalan……

Selamat Bekerja….

Salam Satu Data Dapodikmen….

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kepala Sub Bagian Data dan Informasi

Ditjen Pendidikan Menengah

Arie Wibowo Khurniawan

DOWNLOAD Download Panduan Dapodikmen 8.2.3

DOWNLOAD Download Panduan Dapodikmen 8.1.4