Jakarta – Korut Klaim Punya Obat Vaksin untuk Ebola, AIDS, dan MERS – Saat ini dunia masih mencari cara melawan beberapa penyakit mematikan seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Korea Utara mengklaim punya jawabannya.Vaksin yang disebut Kumdang-2 dilaporkan oleh media pemerintah KCNA bisa menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit seperti MERS, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), Human Immunodeficiency Virus (HIV), dan Ebola.

Vaksin diciptakan oleh perusahaan farmasi Pugang Pharmaceutic Company di bawah slogan “Semua orang punya hak untuk sehat”. Pihak perusahaan mengatakan vaksin dibuat menggunakan ginseng dan elemen bumi langka lain yang dirahasiakan.

“Suntikan Kumdang-2, aktivator kekebalan yang kuat, diproduksi di Korea Utara, sangat efektif menyembuhkan penyakit yang disebabkan virus ganas seperti SARS, Ebola dan MERS,” tulis KCNA seperti dikutip dari ABC Australia pada Minggu (21/6/2015).

Korut yang rakyatnya masih banyak dilanda kemiskinan dan kekeringan mengklaim bahwa vaksin mujarab Kumdang-2 sudah dikembangkan sejak 1989. Vaksin yang sama dikatakan dulu sudah dites sukses menyembuhkan penyebaran SARS pada tahun 2006 dan 2013.

Klaim yang dilakukan oleh Korut ini dilakukan tak lama setelah negara rival Korea Selatan (Korsel) sedang kesulitan melawan MERS.