Buku Kurikulum 2013 SD-MI Kelas 3 Revisi 2016

Buku Kurikulum 2013 SD-MI Kelas 3 Revisi 2016 sudah bisa di unduh kali ini, meskipun kami update secara bertahap, dipastikan semua buku akan kami sediakan linknya di website ini. Terima kasih kepada para pengunjung yang bersedia memberikan waktunya untuk hanya sekedar berkunjung ke website ini.

Buku Pegangan Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Edisi 2015. Dimana Buku pegangan guru dan siswa Kurikulum 2013 Edisi 2015 khusus untuk kelas 3. Sedangkan Pelatihan Kurikulum 2013 di Tahun 2015 untuk Instruktur Nasional masih sednagn berlangsung hingga tanggal 25 Juni 2015. Sedang pelatihan kurikulum 2013 untuk Guru sasaran disebagian daerah akan dimulai tanggal 26 atau 27 Juni 2015 hingga tanggal 30 Juni 2015. Sedangkan untuk Guru sasaran disebagian besar daerah akan dimulai tanggal 5 hingga 8 Agustus 2015.

Untuk lampiran Buku Kurikulum Edisi 2015 yang lainnya, silakan tunggu pada kesempatan yang lainnya. Semoga dengan adanya file buku pegangan guru dan siswa ini semoga para guru dan siswa atau pun para pendidik lainnya akan terbantukan untuk memajukan kualitas pendidikan di negara indonesia yang kita cintai ini

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan tersebut. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum ini harusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai. Pertanyaannya adalah seperti apa bentuk ideal Buku Siswa Kelas III SD/MI yang pada hakikatnya baru setahun belajar membaca dan menulis? Rentang jawaban atas pertanyaan ini dapat sangat ekstrim.

Dalam hal isi ada yang menginginkan tanpa buku, tetapi juga ada yang menginginkan satu buku terpisah untuk setiap mata pelajaran. Dalam hal penyajian ada yang menginginkan berbasis kegiatan yang harus dilakukan siswa, tetapi ada juga yang menginginkan berbasis materi yang harus dikuasai siswa. Perdebatan semacam ini tidak akan pernah selesai. Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas III SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah di antara keinginan-keinginan tersebut.

Bukannya tanpa buku, melainkan ada buku yang memuat materi minimal berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa Kelas III SD/MI untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu dipilih dengan beberapa alasan. Pertama, siswa Kelas III SD/MI, yang sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner di mana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungannyanya. Kedua, melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner-interdisipliner diwujudkan agar tumpang tindih antar materi pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.

Sebagaimana lazimnya sebuah buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian buku ini mengarahkan yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-temannya untuk mencapai kompetensi tertentu; buku yang pemanfaatannya adalah dengan siswa mempraktikkan materi-materi kegiatan yang tercantum di dalamnya secara mandiri atau kelompok, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, ataupun dihafal. Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.

Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus diperbaiki dan disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah- mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Silahkan Unduh semua. Bagi yang membutuhkan, silahkan Pilih aja sesuai kebutuhan saudara-saudara sekalian, pada link di bawah ini:

Buku Kurikulum 2013 SD-MI Kelas 3 Revisi

 

12 KOMENTAR

  1. gan…sorry agak kritik nih.. itu link yg buku siswa kelas 3 hasil download nya banyak yg ga sama dengan judul yg ada. pada buku siswa kelas 3 tema 4 itu ternyata hasilnya buku guru kelas 6 tema 4; ada lagi buku siswa kelas 3 tema 3 itu ternyata hasilnya buku guru kelas 3 tema 3.

    tolong dibetulin gan….. makasih

  2. terimakasih banyak atas linknya untuk materi k-13 SD sangat bermanfaat……dan membantu para ortu mencari materi putra-putrinya….tetap semangat untuk berbagi ilmu….

  3. terima kasih banyak atas kebaikannya. semoga mendapatkan balasan dari Allah SWT, Tuhan sekalian alam….

LEAVE A REPLY