Cara Mengatasi NISN Siswa Bermasalah Dapodikmen SMA SMK 8.2.0
Cara Mengatasi NISN Siswa Bermasalah Dapodikmen SMA SMK 8.2.0

Melengkapi keterangan pada berita pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 mengenai data NISN yang telah diposting sebelumnya, maka kami akan memberikan beberapa penjelasan lanjutan. Berikut ini adalah beberapa kondisi progress pendataan Dapodik sekolah:

  • KONDISI I        : Sekolah belum melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016
  • KONDISI II       : Sekolah sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016 dan sudah sinkronisasi tetapi belum melakukan vervalPD.
  • KONDISI III      : Sekolah sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016 dan sudah sinkronisasi serta sudah melakukan vervalPD.
  • KONDISI IV    : Sekolah sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016, sudah sinkronisasi, sudah melakukan vervalPD dan data hasil vervalPD sudah ter-up date ke Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 kemudian bermaksud melakukan edit data.

Dari beberapa kondisi-kondisi tersebut, maka berikut ini kami akan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dengan adanya pembaruan pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0:

1.    KONDISI I
Yaitu sekolah yang belum melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016. Bagi sekolah yang belum melakukan entri data siswa baru, maka tata cara memasukkan siswa baru beserta NISN nya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan update pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 secara online (tata caranya telah dijelaskan pada berita sebelumnya)
  2. Isikan data awal siswa baru pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 sampai dengan datanya masuk ke table utama dan ditampilkan pada list daftar siswa di tab Peserta Didik (tata cara entri data siswa selengkapnya dijelaskan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen).
  3. Setelah masuk tabel utama pada form Edit peserta didik, entrikan data NISN dan lengkapi data-data lainnya kemudian disimpan (setelah disimpan maka data Nama, NISN, Jenis kelamin, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung menjadi disable/tidak aktif dan tidak dapat lagi diedit di aplikasi)
  4. Selanjutnya lakukan aktifasi data siswa lewat menu registrasi (tata cara registrasi siswa selengkapnya dijelaskan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen).
  5. Masukkan siswa ke dalam rombelnya (tata cara memasukkan siswa ke dalam rombel selengkapnya dijelaskan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen).
  6. Lakukan validasi dan sinkronisasi, pastikan proses sinkronisasinya sukses.
  7. Setelah 1 x 24 jam cek data siswa hasil sinkronisasi di laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/  masuk menu “Login Operator”, pastikan data siswa pertingkat sudah masuk.
  8. Selanjutnya cek data siswa pada laman : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.
  9. Masuk pada menu “Residu” dan “Referensi”, pastikan data siswa baru sudah masuk pada menu tersebut. Apabila setelah beberapa waktu/hari data siswa baru belum masuk ke menu Residu maupun Referensi, silahkan menghubungi Tim Helpdesk Dapodikmen untuk dilakukan push data.
  10. Kemudian lakukan proses vervalPD sehingga data siswa di menu Residu masuk semua ke menu Referensi dan tuntaskan dengan melakukan proses update data NISN hasil vervalPD lewat menu “Konfirmasi Data” (tata cara VervalPD selengkapnya dijelaskan pada Panduan VervalPD disini).
  11. Setelah beberapa waktu, cek data pada Manajemen Dapodikmen dengan mengakses laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu “Login Operator”.
  12. Silahkan lakukan pengecekan pada data Peserta Didik, apakah NISN hasil dari vervalPD yang telah dilakukan Konfirmasi telah masuk/terupdate.
  13. Apabila data NISN sudah masuk/terupdate maka selanjutnya lakukan sinkronisasi agar NISN hasil dari vervalPD tersebut turun dan meng-update data NISN pada data Peserta Didik di Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0.

2.    KONDISI II
Yaitu sekolah yang sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016 dan sudah melakukan sinkronisasi, akan tetapi belum melakukan proses VervalPD. Maka yang harus dilakukan adalah:

  1. Lakukan update pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 secara online (tata caranya telah dijelaskan pada berita sebelumnya)
  2. Entrikan data NISN pada data Peserta Didik, caranya masuk pada tab Peserta Didik pilih dan klik pada data siswa kemudian klik pada menu “Ubah”.  Pada form Edit peserta didik, entrikan data NISN kemudian disimpan (setelah disimpan maka data NISN menjadi disable/tidak aktif dan tidak dapat lagi diedit di aplikasi).
  3. Lakukan validasi dan sinkronisasi, pastikan proses sinkronisasinya sukses.
  4. Proses berikutnya mengikuti langkah-langkah seperti diuraikan pada KONDISI I poin (g) sampai dengan (m).

3.    KONDISI III
Yaitu sekolah yang sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016 dan sudah melakukan sinkronisasi  serta sudah melakukan proses VervalPD.
    
KONDISI III A
Pada kondisi ini berlaku bagi yang sudah menuntaskan proses vervalPD yaitu data dimenu Residu sudah diproses masuk ke menu Referensi dan telah dilakukan proses Konfirmasi Data. Maka perlakuannya sebagai berikut:

  1. Lakukan update pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 secara online (tata caranya telah dijelaskan pada berita sebelumnya).
  2. Tidak perlu melakukan entri data NISN pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0.
  3. Setelah beberapa waktu, cek data pada Manajemen Dapodikmen dengan mengakses laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu “Login Operator”.
  4. Silahkan lakukan pengecekan pada data Peserta Didik, apakah NISN hasil dari vervalPD yang telah dilakukan Konfirmasi telah masuk/terupdate.
  5. Apabila data NISN sudah masuk/terupdate maka selanjutnya lakukan sinkronisasi agar NISN hasil dari vervalPD tersebut turun dan meng-update data NISN pada data Peserta Didik di Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0.

KONDISI III B
Berlaaku bagi yang proses vervalPD nya belum tuntas, yaitu  data di menu Residu sudah diproses masuk ke menu Referensi tetapi belum dilakukan proses Konfirmasi Data. Maka perlakuannya sebagai berikut:

  1. Lakukan update pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 secara online (tata caranya telah dijelaskan pada berita sebelumnya)
  2. Entrikan data NISN pada data Peserta Didik, caranya masuk pada tab Peserta Didik pilih dan klik pada data siswa kemudian klik pada menu “Ubah”. 
  3. Pada form Edit peserta didik, entrikan data NISN kemudian disimpan (setelah disimpan maka data NISN menjadi disable/tidak aktif dan tidak dapat lagi diedit di aplikasi).
  4. Lakukan validasi dan sinkronisasi, pastikan proses sinkronisasinya sukses.
  5. Proses berikutnya mengikuti langkah-langkah seperti diuraikan pada KONDISI I poin (g) sampai dengan (m).

4.    KONDISI IV
Yaitu sekolah yang sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016, sudah melakukan sinkronisasi, sudah melakukan proses VervalPD dan data NISN hasil vervalPD sudah turun dan meng-update di Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0. Akan tetapi terdapat kesalahan dan bermaksud melakukan perubahan/edit data NISN maka pengubahan/edit tidak dapat dilakukan lewat aplikasi Dapodik akan tetapi dilakukan lewat menu edit data pada vervalPD Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Akses laman: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.
  2. Masuk ke tab “Edit Data”, kemudian ke menu “Pengajuan” pilih  “NISN”.
  3. Klik pada tombol “pilih Siswa” maka ditampilkan list daftar Siswa, silahkan lakukan pengeditan pada data NISN.
  4. Selanjutnya cek status pengajuan edit datanya untuk mengetahui apakah sudah di setujui oleh Admin di PDSP, lewat menu “ Edit Data” dan masuk ke “Status”.
  5. Apabila statusnya telah disetujui, maka selanjutnya cek data pada Manajemen Dapodikmen dengan mengakses laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu “Login Operator”.
  6. Silahkan lakukan pengecekan pada data Peserta Didik, apakah perubahan data NISN yang dilakukan pada vervalPD telah terupdate.
  7. Jika data NISN pada laman : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ sudah update, maka lakukan sinkronisasi agar perubahan sebagai hasil pengeditan di vervalPD tersebut turun ke Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0.

Demikian panduan entri data seputar Data NISN pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0. Pada seri berikutnya kami akan berikan panduan entri data untuk jenis data lainnya.

2 KOMENTAR

  1. Ketika sekolah sdh melakukan entri data pd pada thn ajaran 2015/2016, maka konsekwensi apa saja yg didapatkan sekolah? Atau apa dana Bos sekolah yg bersangkutan tdk keluar? Terimakasih

    • Jika Anda tidak mengentri data maka konsekuensinya adalah, data sekolah adnda tidak akan muncul atau kosong pada pusat, Pihak Kemendikbud mengambil semua data melalui aplikasi ini, sehingga hal tersebut mempengaruhi semua jenis aspek yang berhubungan langsung antara sekolah anda dengan kemendikbud. Baik itu BOS ataupun tunjangan-tunjangan pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah Anda.

      Salam

Comments are closed.