Cara PENDAFTARAN e – PUPNS – Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e – PUPNS) merupakan suatu sistem yang dibangun dengan terknologi berbasis web, saat ini untuk pengguna dapat mengakses dengan menggunak an web browser melalui alamat : http://pupns.bkn.go.id

  1. Klik tombol “DAFTAR“untuk melakukan registrasi ke sistem e-PUPNS.

    Cara PENDAFTARAN e - PUPNS

  2. Isikan Nip Baru (18 digit), kemudian klik tombol “CARI” pada form registrasi akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini : 
    Cara PENDAFTARAN e - PUPNS
    Cara PENDAFTARAN e – PUPNS
    Kolom Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Instansi dan NIK akan menampilkan otomatis data sesuai dengan database BKN. Jika terjadi per bedaan nama Instansi, mohon untuk tidak melanjutkan proses registrasi tetapi masuk ke Sistem Helpdesk dengan menekan tombol “?” ke untuk diubah data nama Instansi.  Jika NIP Baru sudah terdaftar, maka akan muncul validasi NIP ini sudah terdaftar.
  3. Isi alamat e mail yang aktif untuk mengirimkan notifikasi pendaftaran, kemudian klik tombol “LANJUT” . Form isian akan ditampilkan seperti gambar berikut ini :Cara PENDAFTARAN e - PUPNSIsi kolom Kata Kunci minimal 8 karakter. Kemudian ulang kembali isi Kata Kunci pada kolom Konfirmasi Kata Kunci.
  1. Isi kolom Nama Ibu Kandung .
  2. Pilih atau masukan Pertanyaan Pengaman kemudian isilah kolom Jawaban Pertanyaan Pengaman yang sesuai.
  3. Masukkan Kode Captcha yang terlihat, kemudian klik tombol “REGISTRASI” . Jika kembali ke halaman sebelumnya klik tombol “KEMBALI“.
  4. Jika Registrasi telah berhasil maka akan ditampilkan Form Bukti Registrasi. Cara PENDAFTARAN e - PUPNSUntuk mencetak bukti registrasi klik tombol “CETAK“. Hasil cetak form bukti registrasi seperti gambar di bawah ini :Cara PENDAFTARAN e - PUPNS
  5. Untuk kembali ke Menu Log in, klik tombol “MENU