Kuota Rekrutmen CPNS Akan Dibuka Lagi Lho!
Kuota Rekrutmen CPNS Akan Dibuka Lagi Lho!

Kabar menyejukkan disampaikan pemerintah terkait moratorium CPNS. Masyarakat yang berminat menjadi CPNS bisa mencoba tahun depan. Sebab, kuota akan kembali dibuka.

Hal itu disampaikan Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono. Tapi, kata Bambang, kuotanya tidak banyak.

“Jangan khawatir, peluang rekrutmen CPNS tahun depan tetap masih ada. Rekrutmen ini juga tidak akan mengganggu fiskal negara,” ungkap Bambang yang ditemui JPNN di kantornya, Rabu (4/11).

Agar ‎tidak mengganggu fiskal, rekrutmen dilakukan terbatas dengan kuota terbatas juga. Artinya, jumlah pegawai baru yang akan direkrut hanya sebatas menggantikan PNS pensiun.

Tahun 2016, sekitar 100 ribuan PNS akan masu‎k masa pensiun. Karena itu, untuk menggantikan jabatan yang ditinggalkan, harus ada pegawai baru. Ini menjadi peluang emas bagi masyarakat yang tertarik menjadi CPNS.

“Kuotanya tidak akan lebih dari 100 ribu, ini agar tidak ada penambahan anggaran gaji pegawai di postur APBN,” tandasnya. (jpnn)