PEDOMAN PENANAMAN SIKAP PAUD KURIKULUM 2013
PEDOMAN PENANAMAN SIKAP PAUD KURIKULUM 2013

Perkembangan ilmu dan teknolgi yang demikian cepat menjadikan persaingan sumber daya manusia demikian tajam makin mengukuhkan bahwa pendidikan di masa depan tidak hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan semata, tetapi yang sangat penting adalah pengembangan karakter yang kuat, gigih, dan kreatif. Dalam pola pengembangan sumber daya manusia yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan komposisi yang berbeda.

Semakin awal jenjang pendidikan tersebut semakin besar komposisi pengembangan kompetensi sikap. Sebagai jenjang pendidikan yang paling dasar, Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fondasi kuat untuk membentuk sikap dan karakter peserta didik. Implementasinya dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini pengembangan sikap bukan hanya sebagai dampak ikutan (nurturan) dari pengembangan pengetahuan dan keterampilan, melainkan komponen yang harus direncanakan secara lebih matang dan mendalam yang dilaksanakan secara terus menerus sehingga membentuk kebiasaan lebih lanjut menjadi perilaku yang akhirnya menjadi sikap dan karakter baik.

Pengembangan sikap memerlukan proses yang konsisten dalam jangka waktu lama. Namun demikian pelaksanaannya tetap disesuaikan dengan cara belajar anak usia dini yang dilaksanakan dengan melalui kegiatan menyenangkan dan bermakna. Hal terpenting dalam pengembangan sikap adalah keteladan dari tim guru yang menjadi model bagi anak didik. Tanpa hal penting ini pengembangan sikap baik akan menjadi sia-sia. Mengingat begitu pentingnya pengembangan sikap dalam proses penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, maka dipandang perlu adanya panduan yang dapat dijadikan contoh inspiratif bagi para guru dalam mengembangkan sikap baik untuk anak didik di Satuan PAUD masing-masing.

Tujuan

1. Tujuan penanaman sikap sejak usia dini adalah :

a. Membangun pemahaman anak tentang sikap, nilai, dan perilaku baik

b. Membiasakan anak melakukan dan menerapkan sikap baik.

c. Membangun karakter anak yang mendukung keberihasilan di jenjang pendidikan selanjutnya.

 

2. Tujuan Pedoman penanaman sikap di PAUD adalah :

a. Sebagai panduan bagi pendidik, pengasuh, pengelola, orang tua, dan masyarakat tentang cara menanamkan sikap melalui berbagai kegiatan.

b. Rujukan bagi pengelola, pembina PAUD, dan pemangku kepentingan lainnya dalam memantau perkembangan sikap anak usia dini di satuan PAUD.

 

| PEDOMAN PENANAMAN SIKAP PAUD KURIKULUM 2013