PEDOMAN PENYUSUNAN RPP PAUD KURIKULUM 2013
PEDOMAN PENYUSUNAN RPP PAUD KURIKULUM 2013

Pembelajaran merupakan wujud nyata dari pelaksanaan pendidikan pada Satuan pendidikan. Pembelajaran yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan baik di lingkungan lembaga dan luar lembaga dalam wujud penyediaan beragam pengalaman belajar untuk semua peserta didik. Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran, baik terkait dengan keluasaan muatan/materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar, bentuk pengorganisasian kelas (model pembelajaran) dan cara penilaian.

Dalam kegiatan pembelajaran PAUD, guru perlu memberikan dorongan dan dukungan kepada peserta didik untuk dapat mengikuti dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran secara optimal. Guru berperan sebagai fasilitator dan bertanggung jawab untuk menciptakan situasi yang dapat menumbuhkan prakarsa, rasa ingin tahu, keinginan anak untuk bereksplorasi, motivasi dan tanggung jawab anak untuk belajar. Di samping itu dalam mengelola kegiatan pembelajaran, Guru hendaknya mampu mengembangkan pola interaksi dengan berbagai pihak yang terlibat di dalam pembelajaran dan harus pandai memotivasi anak untuk terbuka, kreatif, responsif, dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran.

Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran tertentu dapat menjadi alat perubah perilaku anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Guru PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan anak. Untuk membantu kemampuan guru PAUD dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dipandang perlu menyusun modul Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran PAUD.

B. TUJUAN

  1. Sebagai pedoman bagi guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran PAUD berdasarkan Kurikulum PAUD 2013.
  2. Acuan bagi pengelola dalam mendukung gurumenyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
  3. Acuan bagi pemangku kepentingan terkait dalam melaksanakan pembinaan, penilaian, pemantauan dan pemberian dukungan.

PEDOMAN PENYUSUNAN RPP PAUD KURIKULUM 2013