PEDOMAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013
PEDOMAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik dipandang sesuai dengan pola kerja otak karena membahas satu tema dari berbagai konsep dan aspek perkembangan. Penentuan tema sangat terbuka artinya satuan PAUD dapat menentukan tema yang akan digunakan dalam pembelajaran sesuai denga minat anak, situasi dan kondisi lingkungan, serta kesiapan guru mengelola kegiatan.

Penentuan tema tidak sekedar mudah diterapkan tetapi perlu memperhatikan beberapa prinsip agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam. Keluasan tema tergantung dari kemampuan guru dalam menguasai tema tersebut. Hal penting yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan tema adalah kebermaknaan tema dalam membangun pengalaman belajar yang bermutu bagi anak usia dini. Karenanya dalam menentukan tema menjadi penting bila diawali dengan identifikasi tema dan sekaligus ketertarikan anak terhadap topik tertentu.

Untuk memberikan wawasan kepada para guru PAUD dalam mengembangkan tema pembelajaran, maka disusun “Pedoman Pengembangan Tema dalam Pembelajaran Anak Usia Dini”. Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam mengembangkan tema di lembaga PAUD masing-masing. Tema adalah topik yang menjadi payung untuk mengintegrasikan seluruh konsep dan muatan pembelajaran melalui kegiatan main dalam mencapai kompetensi dan tingkat perkembangan yang diharapkan.

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa muatan pembelajaran dalam mencapai kompetensi dasar (KD) dan tingkat perkembagan yang diharapkan. Pelaksanaan tema dan sub tema dapat dilakukan dalam kegiatan pengembangan melalui bermain dan pembiasaan. Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sarana untuk mengintegrasikan keseluruhan sikap dalam pengetahuan dan keterampilan yang ingin dibangun.

Manfaat Tema

  1. Menyatukan semua program pengembangan meliputi nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, seni.
  2. Menghubungkan pengetahuan sebelumnya yang sudah dimiliki
  3. Memudahkan guru PAUD dalam pengembangan kegiatan belajar dengan pengetahuan yang baru. sesuai dengan konsep dan sarana yang dimiliki lingkungan.

PEDOMAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013 – Kurikulum Pendidikan 2013 ini dalam penerapannya menggunakan metode pembelajaran tematik yang mengambil pokok bahasan pelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran menjadi satu.

PEDOMAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013 Silahkan Download semua. Bagi yang membutuhkan PEDOMAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013 REVISI 2015 silahkan Pilih aja sesuai kebutuhan saudara-saudara sekalian, pada link di bawah ini :

| PEDOMAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013