RPP Seni Budaya SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru
RPP Seni Budaya SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru

Nenek moyang bangsa Indonesia telah berhasil merumuskan pengalaman interaksinya dengan sang Pencipta, alam, dan dengan sesamanya, dalam bentuk peradaban dan kearifan bangsa yang sebagiannya diwujudkan dalam karya-karya seni budaya, baik berupa benda maupun tak benda. Ditengah makin derasnya arus globalisasi seperti saat ini, ketahanan jati diri suatu bangsa tercermin pada kemampuan melestarikan peradabannya. Kemampuan tersebut penting untuk dapat memanfaatkan arus globalisasi menuju terbentuknya konvergensi peradaban dunia, yaitu suatu peradaban berbentuk spektrum keberagaman peradaban berbagai bangsa yang terlestarikan.

Pembelajaran Seni Budaya untuk Pendidikan Menengah Kelas XI adalah salah satu usaha untuk melestarikan peradaban bangsa melalui pemahaman terhadap sejumlah karya seni budaya bangsa dari berbagai penjuru nusantara yang sangat kaya ragam dan sarat makna. Pembelajarannya didahului dengan mengajak peserta didik mengapresiasi secara kritis seni budaya bangsa melalui pengamatan terhadap keindahan warisan-warisan seni budaya. Peserta didik juga diajak mencoba mengekspresikan perasaan dan pikirannya dengan meniru dan memodifikasi karya-karya seni budaya yang sudah ada sesuai dengan selera dan kemampuannya yang terus diasah.

Pada akhirnya, peserta didik diajak mengkreasi suatu karya seni budaya sesuai dengan minatnya dan menyajikan kreasinya dalam suatu pementasan kolaboratif berbagai ragam seni budaya yang saling bersinergi. Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup studi ragam dan makna karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, praktik berkarya seni budaya untuk mengasah kompetensi keterampilan, dan pembentukan sikap apresiasi terhadap seni budaya sebagai hasil akhir dari studi dan praktik karya seni budaya.

Pendekatannya bukan hanya belajar tentang seni budaya, tetapi juga belajar melalui seni budaya dan belajar dengan seni budaya. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik, dan teater yang diangkat dari tema-tema warisan seni budaya bangsa. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal yang relevan.

Materi pembelajaran apresiasi seni menerapkan pendekatan saintifik, memerlukan objek pengamatan berupa karya seni rupa murni (seni lukis, patung), seni rupa terapan (desain komunikasi visual, desain tekstil) dan kria (kria kulit, kria tekstil, atau karya seni rupa lain sesuai dengan konteks di mana sekolah berada). Itulah sebabnya guru/sekolah, sebaiknya menyiapkan fasilitas ini, karya-karya asli (lukisan, patung, desain, dan kria) dari kebudayaan daerah setempat.

Atau jika tidak memungkinkan dapat dalam bentuk reproduksi, video, atau film. Atau paling tidak berupa karya guru atau karya peserta didik yang representatif sebagai objek apresiasi. Terutama untuk aktivitas pembelajaran di kelas. (Aktivitas diskusi di kelas diselenggarakan, setelah proses pendekatan sainfitik dilakukan, dan guru bertindak sebagai moderator yang arif). Proses pembelajaran apresiasi seni dapat pula berlangsung dalam kegiatan kunjungan ke pameran, galeri, museum, sanggar seniman, dan lain-lain. Tagihan pembelajaran adalah penulisan artikel apresiasi seni untuk di presentasikan di kelas. (5 makalah terbaik yang dipilih oleh guru) Pengalaman personal mengamati karya seni dapat dilatihkan dengan mengamati lukisan yang dipajang di depan kelas.

Peserta didik kemudian menceritakan hasil pengindraannya, respons pribadinya, reaksinya, analisisnya, dan penafsiran serta evaluasinya kepada lukisan secara lisan. Kemudian mendiskusikannya di kelas yang dipandu oleh guru yang berperan sebagai moderator. Kemudian hasil notulis atau rekaman atas kemampuan berapresiasi seni rupa secara lisan dan hasil diskusi itu, disempurnakan oleh peserta didik dalam bentuk karya tulis dengan bahasa Indonesia yang sistematis, lugas, dan komunikatif. Guru bersama peserta didik mempersiapkan dan melaksanakan aktivitas mengapresiasi karya seni rupa murni (seni lukis), sehingga para peserta didik kompeten merasakan keindahan dan makna seni, kemudian menerapkan dan mengamalkan rasa keindahan itu dalam kehidupan kesehariannya.

RPP Seni Budaya SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru – Kurikulum Pendidikan 2013 ini dalam penerapannya menggunakan metode pembelajaran tematik yang mengambil pokok bahasan pelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran menjadi satu.

RPP SSeni Budaya SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru Silahkan Download semua. Bagi yang membutuhkan RPP Seni Budaya SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru silahkan Pilih aja sesuai kebutuhan saudara-saudara sekalian, pada link di bawah ini :

RPP Seni Budaya SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru Semester 2

Password: melihat.net

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 1 KP 1 – Pameran Seni Rupa

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 1 KP 2 – Pengkajian Seni Rupa

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 2 KP 3 – Penggolongan Seni Rupa Berdasarkan Sifat dan Ciri-Ciri Bentuknya

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 2 KP 4 – Seni Rupa pada Masa Posmodern

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 3 KP 1 – Memahami Kritik Musik

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 3 KP 2 – Kritik Musik dan Penyajiannya

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 4 KP 1 – Modifikasi Tari Berdasarkan Hitungan dan Iringan

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 4 KP 2 – Modifikasi Tari dan Pementasan Tari

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 5 KP 1 – Menemukan Nilai Estetis Tari

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 5 KP 2 – Membuat Kritik Tari

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 6 KP 1 – Adaptasi Naskah Asing

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 6 KP 2 – Belajar Berekspresi Lewat Karya Seni Teater Berdasarkan Naskah Adaptasi

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 7 KP 1 – Memahami Pentingnya Kritik Teater

| RPP Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Bab 7 KP 2 – Menulis Kritik Teater

| Prota dan Promes Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11

 

Buku Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11

| Buku Guru Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11

| Buku Siswa Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Semester I

| Buku Siswa Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Semester II

8 KOMENTAR

Comments are closed.