Download Silabus IPS SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013
Download Silabus IPS SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013

Download Silabus IPS SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013 – Tema sentral pengembangan Kurikulum 2013 adalah naskah yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang  produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan potensi bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik.

 

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut: (1) mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik; (2) sekolah merupakan bagian tidak terpisahkan dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana, peserta didik menerapkan    materi yang   dipelajari ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar; (3) mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat; (4) memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (5) kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dioperasionalisasikan dalam bentuk kompetensi dasar matapelajaran; (6) kompetensi inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran diarahkan untuk mencapai kompetensi inti; (7) kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar matapelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

Download Silabus IPS SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013

Pada kurikulum 2013, khususnya untuk jenjang SD, terdapat beberapa perubahan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mata pelajaran IPS di kelas I sampai III ditiadakan, tetapi muatan IPS tetap ada dan diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn dan Matematika. Sementara Kelas IV sampai VI mata pelajaran IPS berdiri sendiri tetapi pembelajarannya diberikan secara tematik terpadu dengan mata pelajaran lain. Geografi, sejarah, ekonomi dan sosiologi dilebur dalam bentuk tema secara terintegratif.

Melalui pembelajaran tematik terpadu, pembelajaran IPS diharapkan lebih bermakna bagi peserta didik. Mata pelajaran IPS dirumuskan atas dasar realitas sosial yang diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner Pembelajaran IPS dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Meskipun KD pada sikap spiritual dan sikap sosial tidak dirumuskan sebagai KD tersendiri namun sikap spiritual dan sikap Sosial dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran tidak langsung (Indirect Teaching).

Pembelajaran IPS SD dilakukan untuk menjadikan peserta didik aktif, kritis, beradab, dan berkesadaran sebagai warga negara yang dapat berperan dalam kehidupan masyarakat multikultur pada lingkungan

Download Silabus IPS SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013