Download Silabus SBdP SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013
Download Silabus SBdP SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013

Download Silabus SBdP SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013 – Pada prinsipnya pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya bersifat rekreatif yang memiliki nilai kebermanfaatan, estetis dan artistik yang dapat membentuk pribadi peserta didik yang harmonis, dan dapat mencapai multi kecerdasan  yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal,  interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, kecerdasan adversitas, kecerdasan kinestetik, kecerdasan spiritual dan moral, serta kecerdasan emosional. Kecerdasan ini dapat membantu dalam mengembangkan kreativitas, baik pada proses berpikir, berapresasi, dan berkreasi seni.

Seni Budaya berperan penting dalam perkembangan dan kebutuhan peserta didik karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatannya. Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dilakukan dengan memberikan pengalaman estetik yang mencakup konsepsi, apresiasi, kreasi. Ketiga hal tersebut dilaksanakan untuk pencapaian Kompetensi Inti  yang ada pada kurikulum 2013.

Karakteristik mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dikembangkan sesuai dengan tantangan abad 21, dimana penguasaan dan pemanfaatan teknologi menjadi bagian dari pembelajaran. Untuk itu kemampuan teknologi dan informasi menjadi pendukung agar pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran. Selain itu pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya harus memperhatikan kebutuhan daerah dan kebutuhan peserta didik, sehingga mata pelajaran ini dapat menjadi filter dari masuknya kebudayaan asing. Dengan demikian diharapkan peserta didik memiliki kearifan terhadap budaya lokal atau budaya masyarakat setempatnya.

Download Silabus SBdP SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013

Selain itu mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dilakukan dengan berbagai cara seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, dan berbagai perpaduannya.  Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan  kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam seni budaya.  Hal ini merupakan wujud

pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

 

Di Sekolah Dasar pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya bersifat rekreatif memberi pengalaman estetik melalui eksperimentasi, keberanian mengutarakan pendapat serta dapat dilaksanakan secara terpadu maupun single subject (mata pelajaran tunggal). Terpadu dalam bentuk mencipta karya seni yang dikaitkan dengan pengetahuan lain dan rasionalisasi penciptaannya, di dalamnya memuat sikap (perilaku, apresiatif, toleransi dan bertanggungjawab penuh), keterampilan (bersifat pragmatis, aplicable [dapat diterapkan] dan teknologis-sistemis), pengetahuan (kemampuan merekronstruksi dan mengungkapkan kembali ide dan gagasan secara sistematis).

| Download Silabus SBdP SD-MI Revisi 2016 Kurikulum 2013