MAKALAH AGAMA MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM
MAKALAH AGAMA MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM

MAKALAH AGAMA MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM

KATA PENGANTAR MAKALAH AGAMA MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM

Assalamualaikum wr.wb.

Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tepat pada waktunya, walaupun kurang dari kata sempurna. Makalah ini merupakan tugas dari mata kuliah Islam dan Budaya Jawa dengan judul “Manusia Dalam Perspektif Islam”, tujuan dari penulisan makalah ini tidak lain untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada pembaca tentang pandangan islam terhadap umat manusia di dunia ini.

Penulis menyadari bahwa di dalam pembuatan makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, terutama kerjasama dari teman-teman kelompok yang telah bersedia meluangkan waktu dan pemikirannnya, untuk itu dalam kesempatan kali ini penulis menghaturkan rasa terima kasih yang sebesar-besaarnya.

Semoga makalah ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar kepada siapa saja yang membacanya, terima kasih.

Wassalamua’alaikum wr.wb.

 

BAB I
PENDAHULUAN MAKALAH AGAMA MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi manusia dan juga sumber dari segala ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini. Oleh karenanya, membaca al-Quran merupakan suatu ibadah. Dalam al-Quran, pengertian manusia sering terdapat dalam surah al-basyar, an-nas dan al-insan. Dan memang pembicaraan tentang manusia dalam al-Quran sangat banyak, karena manusia merupakan makhluk yang paling istimewa dibandingkan dengan makhluk yang lain. Manusia mempunyai kelebihan yang luar biasa, kelebihan itu adalah dikaruniainya akal dan kesadaran internal dan eksternal.

Dengan dikaruniai akal, manusia dapat mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya serta mampu mengatur dan mengelola alam semesta sebagai amanah. Meskipun surah-surah tentang manusia di atas sering kita temukan dalam al-Quran, akan tetapi masing-masing surah tersebut berbeda apabila ditinjau dari segi bahasa. Kata al-basyar mengacu pada manusia dari aspek lahiriahnya, mempunyai bentuk tubuh yang sama, makan dan minum, bertambahnya usia, kondisi fisiknya akan menurun, menjadi tua, dan akhirnya ajal pun menjemputnya.

Kata al-Insan digunakan untuk menunjukkan kepada manusia dengan seluruh totalitasnya, jiwa dan raga, ada perbedaan antara seseorang dengan yang lain akibat perbedaan fisik, mental, dan kecerdasan. Kata al-nas pada umumnya dihubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial secara keseluruhan tanpa melihaat keimanan atau kekafirannya.

Pratinjau, MAKALAH AGAMA MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM :

 

| DOWNLOAD MAKALAH AGAMA MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM