MAKALAH ELEKTRO METODE TRANSFORMASI FOURIER
MAKALAH ELEKTRO METODE TRANSFORMASI FOURIER

MAKALAH ELEKTRO METODE TRANSFORMASI FOURIER

KATA PENGANTAR MAKALAH ELEKTRO METODE TRANSFORMASI FOURIER

Alhamdulillah kami ucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat serta Hidayah-Nya, sehingga kita masih dalam keadaan sehat dan longgar. Dan khususnya, kami (penyusun) bisa menyelesaikan Makalah dengan judul ‘METODE TRANSFORMASI FOURIER. Makalah ini dibuat sebagai tugas kelompok yang akan dikumpulkan dan di presentasikan.

Yang kedua, tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada pengampuh yang memberikan arahan dan pembelajaran. Adapun yang terakhir, penyusun menyadari makalah ini memiliki banyak kekurangan, karena itu sangat diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca demi perbaikan dan sekaligus memperbesar manfaat makalah ini sebagai pembelajaran

 

BAB I
PENDAHULUAN MAKALAH ELEKTRO METODE TRANSFORMASI FOURIER

1.1 LATAR BELAKANG
Transformasi Fourier,  adalah sebuah transformasi integral yang menyatakan kembali sebuah fungsi dalam fungsi basis sinusioidal, yaitu sebuah fungsi sinusoidal penjumlahan atau integral dikalikan oleh beberapa koefisien (“amplitudo”). Transformasi Fourier adalah suatu model transformasi yang memindahkan domain spasial atau domain waktu menjadi domain frekwensi.

1.2 RUMUSAN MASALAH
Adapun masalah yang akan di bahas dalam makalah ini:
1. Apa yang dimaksud transformasi fourier?
2. apa rumus-rumus transformasi fourier?

1.3 TUJUAN
Tujuan kami menyelesaikan makalah ini adalah untuk:
1. Untuk mengetahui pengertian dan rumus transformasi fourier.
2. Untuk mengetahui langkah kerja pada tranformasi fourier.

 

BAB II
PEMBAHASAN MAKALAH ELEKTRO METODE TRANSFORMASI FOURIER

PENGERTIAN TRANSFORMASI FOURIER

Transformasi Fourier
Bagaimana transformasi Fourier bekerja? Transformasi Fourier mendekomposisi sinyal ke bentuk fungsi eksponensial dari frekuensi yang berbeda-beda. Caranya adalah dengan didefinisikan ke dalam dua persamaan berikut:


X( f ) = ∫ x(t)•e−2πft dt……………..(1)
−∞


x(t) = ∫ X( f )•e−2πft df ……………..(2)
−∞

Dalam persamaan tersebut, t adalah waktu dan f adalah frekuensi. x merupakan notasi sinyal dalam ruang waktu dan X adalah notasi untuk sinyal dalam domain frekuensi. Persamaan (1) disebut Transformasi Fourier dari x(t) sedangkan persamaan (2) disebut Invers Transformasi Fourier dari X(f), yakni x(t).
Persamaan (1) dapat juga ditulis sebagai :

Cos(2ft)+jSin(2ft)…………………………………..(3)

Transformasi Fourier dapat menangkap informasi apakah suatu sinyal memiliki frekuensi tertentu ataukah tidak, tapi tidak dapat menangkap dimana frekuensi itu terjadi. Misalnya kita punya dua sinyal yang berbeda. Misalkan pula keduanya mempunyai komponen spectral yang sama. Katakan sinyal pertama mempunyai 4 frekuensi muncul bersamaan, dan yang satu lagi mempunyai 4 frekuensi muncul bergantian.

 

Pratinjau, MAKALAH ELEKTRO METODE TRANSFORMASI FOURIER :

 

| DOWNLOAD MAKALAH ELEKTRO METODE TRANSFORMASI FOURIER