Silabus Bahasa Jepang Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Silabus Bahasa Jepang Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Kelas X, XI, XII. Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang  produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi.

Dalam rangka mewujudkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, dan inovatif itu, proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Pada Kurikulum 2013, khususnya untuk tingkat SMA/MA, terdapat beberapa perubahan   pada pembelajaran Bahasa Asing, yaitu konsep pembelajaran terpadu tematik integratif dengan mata pelajaran lain yang berlaku dari kelas X sampai XII.

Perubahan ini tentu saja berdampak pada proses pembelajaran bahasa asing, dimana pembelajaran Bahasa Asing dapat juga berorientasi pada pengayaan (enrichment) antar mata pelajaran, pengembangan kemampuan berpikir, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri, lingkungan sosial, dan lingkungan alam.

Silabus Bahasa Jepang Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh  JF (The Japan Foundation) tahun 2012, jumlah pembelajaran bahasa Jepang di Indonesia menduduki peringkat ke II setelah China. Pembelajaran bahasa Jepang di SMA/MA diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber sehingga mampu merumuskan masalah bukan hanya menyelesaikan masalah.

Disamping itu, pembelajaran diarahkan untuk melatih peserta didik berpikir analitis bukan berpikir mekanistis serta mampu bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.

Dan juga untuk menghadapi tantangan era globalisasi salah satunya MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) maka penguasaan bahasa asing khususnya Bahasa Jepang sangat diperlukan untuk menyiapkan tenaga-tenaga berkompeten di bidangnya.

Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa dan Sastra Jepang di Pendidikan Menengah

Pembelajaranan Bahasa Jepang di pendidikan menengah diharapkan agar para lulusannya dapat berkomunikasi baik lisan maupun tulis dalam situasi formal ataupun informal dengan bahasa yang sederhana.

Silabus Bahasa Jepang Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016. Selengkapnya silahkan download DI SINI.