Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016

Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016

Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan, dengan tetap mengacu kepada tujuan Pendidikan Nasional sebagai arah dan tujuan pembelajaran, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab (Pasal 3 UU Sisdiknas. 20 03), merupakan bagian dari kebijakan penyusunan Kurikulum 2013.

Pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan ini diproses dalam pembelajaran terpadu yang direncanakan, dirancang, dilaksanakan dengan penuh pengawasan dan penilaian, untuk melihat sejauh mana peserta didik melahirkan nilai, akhlak dan moral dalam berbagai perilakunya sehingga terciptalah pembelajaran yang kondusif dan bermakna.

Menyadari hal ini, fungsi dan peran guru sebagai pendidik tidak semata-mata sebagai narasumber, tetapi harus lebih memahami fungsi dan perannya sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah, dan evaluator. Bahkan, terkait dengan kualitas Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus sekaligus berfungsi sebagai sumber keteladanan agar peserta didik benar-benar dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut- nya.

Guru yang memiliki fungsi dan peran seperti ini, mampu mengembangkan perilaku peserta didik untuk berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016

Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X ini memuat bahan kajian dan langkah-langkah secara standar dan berintegrasi dengan buku peserta didik, guna mengantarkan guru dan para pendidik dapat memproses dan mengembangkan pembelajaran, agar peserta didik dapat memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

Bahkan, peserta didik mampu mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan, sebagaimana yang menjadi acuan Kompetensi Inti Kurikulum 2013.

Kompetensi kepribadian, akademik, profesional, dan kompetensi sosial pendidik dalam hal ini guru, sangatlah teruji. Oleh karena itu, untuk menuju keutuhannya, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus melengkapi dirinya dengan pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan perkembangan era sekarang, yang tentunya tetap membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat.

Guru dan para pendidik seperti ini, akan siap memproses pembelajaran melalui model pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik (student-centered instruction), peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran (active learning) dan pencapaian pembelajaran juga mengarah kepada pemenuhan dan keseimbangan antara pengetahuan (kognitif ), sikap (afektif ), dan keterampilan (soft skill dan hard skill), dengan memuat strategi pembelajaran, metode pembelajaran yang bervariatif dengan menggunakan teknologi kekinian, dan teknik pembelajaran yang spesifik, individu, dan unik.

Download Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016 menggunakan link di bawah ini :

   | Buku Guru
   | Buku Siswa