MAKALAH KELEMBAGAAN, ORGANISASI Dan KEPEMIMPINAN
MAKALAH KELEMBAGAAN, ORGANISASI Dan KEPEMIMPINAN

MAKALAH KELEMBAGAAN, ORGANISASI Dan KEPEMIMPINAN Tentang Manajemen Sekolah

KATA PENGANTAR

MAKALAH KELEMBAGAAN, ORGANISASI Dan KEPEMIMPINAN Tentang Manajemen Sekolah

Dengan nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat yang tidak terhingga kepada segenap umat manusia. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada utusan-nya, kekasih-nya, penutup para Nabi dan Rasul yaitu Nabi besar Muhamma. SAW berserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yaitu umat akhir zaman semoga senantiasa istiqomah pada jalannya.

Alhamdulillah berkah rahmat dan hidayah-nya allah, akhirnya pemakalah dapat menyelesaikan tugas makalah Kelembagaan Organisasi Kepemimpinan tentang “Manajemen Sekolah” pemakalah menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, demi kesempurnaan makalah ini di masa yang akan datang, pemakalah mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca, khususnya kepada dosen pembimbing dan rekan-rekan mahasiswa atau mahasiswi.

Akhirnya kepada semua pihak yang telah membatu penyusunan dan penyelesaian makalah ini, pemakalah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Harapan pemakalah , semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat ber-manfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca. Amin Ya Rabbal Alamin

 

BAB I
PENDAHULUAN

MAKALAH KELEMBAGAAN, ORGANISASI Dan KEPEMIMPINAN Tentang Manajemen Sekolah

A.    Latar Belakang
Sekolah merupakan sebuah organisasi kecil yang bernaung dibawah naungan dinas pendidikan. Setiap sekolah memiliki struktur organisasi dimana ada ketua, sekretaris, bendahara dan anggota dari organisasi tersebut. Cara kerja dari setiap jabatan yang ada di tentukan oleh peraturan dan tugas setiap jabatan tersebut. Setiap jabatan diberi tanggung jawab akan tugas yang diembannya. Organisasi digunakan bukan hanya sebagai visi misi sekolah agar terlaksana dan mencapai tujuan dari visi misi tersebut. Salah satu jabatan tertinggi dalam organisasi sekolah adalah kepala sekolah yang bertanggung jawab untuk menuntaskan visi misi tujuan serta hasil dari visi misi sekolah tersebut akan tetapi juga menjalan kan manajemen sekolah yang telah diatur  dengan sangat baik.

Manajemen sekolah merupakan faktor yang paling penting dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang keberhasilannya diukur oleh prestasi yang didapat, oleh karena itu dalam menjalankan kepemimpinan, harus menggunakan suatu sistem, artinya dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang di dalamnya terdapat komponen-komponen terkait seperti guru-guru, staff tu, orang tua siswa, masyarakat, pemerintah, anak didik, dan lain-lain harus berfungsi optimal yang dipengaruhi oleh kebijakan dan kinerja pimpinan.

Tantangan lembaga pendidikan adalah mengejar ketertinggalan artinya kompetisi dalam meraih prestasi terlebih dalam menghadapi persaingan global. Maka makalah kali ini akan membahas tentang bagaimana manajemen disekolah dan seperti apa pemberdayaan guru agar tertujunya tujuan manajemen sekolah.

B.    Rumusan Masalah
1.    Apa itu  manajemen sekolah?
2.    Apa saja hal-hal yang terkai dengan menajemene sekolah?
3.    Bagaimana pendalaman pemberdayaan guru?

C.    Tujuan Makalah
1.    Menegetahui apa yang dimaksud dari  manajemen sekolah
2.    Mengetahui apa saja hal-hal yang terkai dengan menajemene sekolah
3.    Mengetahui bagaimana pendalaman pemberdayaan guru

 

Pratinjau, MAKALAH KELEMBAGAAN, ORGANISASI Dan KEPEMIMPINAN Tentang Manajemen Sekolah :

 

| DOWNLOAD MAKALAH KELEMBAGAAN, ORGANISASI Dan KEPEMIMPINAN Tentang Manajemen Sekolah