Silabus Bahasa Inggris Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Silabus Bahasa Inggris Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Kelas X, XI, XII. Pembelajaran bahasa Inggris berbasis teks mendukung pembelajaran pada mata pelajaran lain dalam kurikulum. Misalnya, pembelajaran teks explanation dan eksposisi, akan membantu peserta didik memperluas. wawasan keilmuannya tentang materi mata pelajaran lain dalam skala internasional. Pembelajaran teks deskriptif akan menumbuhkan kemampuan peserta didik antara lain pada mata pelajaran Seni Budaya untuk mempromosikan wisata di Indonesia.

Silabus mata pelajaran ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru.

Mata pelajaran Bahasa Inggris untuk jenjang pendidikan SMA/MA bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kompetensi komunikatif dalam teks  interpersonal, transaksional, dan fungsional, dengan menggunakan berbagai teks berbahasa Inggris lisan dan tulis.  Melalui penggunaan teks-teks tersebut, peserta didik dibimbing untuk menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, serta menanamkan nilai-nilai luhur karakter bangsa, dalam konteks kehidupan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Silabus Bahasa Inggris Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Seperti kurikulum mata pelajaran lainnya, Kurikulum Bahasa dan Sastra Inggris merupakan bagian dari Kurikulum 2013, yang ruang lingkup pengelolaannya dimulai dari merumuskan Kompetensi Dasar (KD), khususnya KD 3 dan KD 4, untuk mengejawantahkan KI 3 dan KI 4.

Meskipun kompetensi sikap yang tercantum dalam rumusan KI 1 dan KI 2 tidak secara eksplisit diturunkan ke dalam KD 1 dan KD 2, namun kompetensi sikap dikembangkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris secara tidak langsung dan diintegrasikan ke dalam proses pembelajarannya. Berikut ini adalah rumusan Kompetensi Inti Kelas X,  Kelas XI, dan Kelas XII.

Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Inggris di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Secara umum kompetensi Bahasa Inggris Umum di SMA/MA adalah kemampuan berkomunikasi dalam tiga jenis teks,

(1) interpersonal,

(2) transaksional, dan

(3) fungsional, secara lisan dan tulis, pada tataran literasi informasional, untuk melaksanakan fungsi sosial, dalam konteks kehidupan personal,

sosial budaya, akademik, dan profesi, dengan menggunakan berbagai bentuk teks,

Dengan struktur yang berterima secara koheren dan kohesif  serta unsur-unsur kebahasaan secara tepat. Berikut ruang lingkup kompetensi dan materi Bahasa Inggris Umum di SMA/MA

Silabus Bahasa Inggris Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016. Selengkapnya silahkan download DI SINI.