Buku Agama Buddha Kelas 7/VII Kurikulum 2013 Revisi 2016
Buku Agama Buddha Kelas 7/VII Kurikulum 2013 Revisi 2016

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agama Buddha, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jenjang pendidikan. Pendidikan Agama Buddha berada pada rumpun pertama, yakni kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.

Secara umum kelompok mata pelajaran ini berfungsi mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memperteguh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia dan menghormati penganut agama lain.

2. Fungsi danTujuan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

a. Fungsi

Fungsi Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti sebagai Perekat Bangsa di sekolah mencakup:

1) Pembinaan perilaku buddhistik dalam kehidupan sehari-hari.

2) Peningkatankeyakinan pada Triratna yang merefleksikan akhlak peserta didik seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga;

3) Penyesuaian mental buddhisme peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial;

4) Pembiasaan pengamalan ajaran dan nilai-nilai Agama Buddha dalam kehidupan sehari-hari;

5) Pencegahan peserta didik dari dampak negatif arus globalisasi yang dihadapi sehari-hari;

6) Pembelajaran keagamaan Buddha baik teori maupun praktik;

7) Penyaluran bakat-minat peserta didik di bidang keagmaan Buddha;

Download Buku Agama Buddha Kelas 7/VII Kurikulum 2013 Revisi 2016

Untuk memenuhi fungsi-fungsi di atas Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti di sekolah memuat kompetensi-kompetensi pembentukan karakter seperti kesadaran tentang kesalingtergantungan, pluralisme, toleransi, persatuan dan kesatuan, kasih sayang, menjauhi sikap radikal, gotong royong, menghargai perbedaan dan lain-lain sebagaimana. Nilai-
nilai karakter bangsa pada kompetensi Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti di Sekolah secara eksplisit tercantum pada KI dan KD dalam aspek sejarah, keyakinan, kemoralan, kitab suci, meditasi, dan kebijaksanaan.

b. Tujuan

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk meningkatkan keyakinan kepada Triratna dan mengantarkan pencapaian pembebasan dari penderitaan.Secara operasional, Pendidikan Agama Buddha bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama Buddha yang juga menyerasikan antara ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Download Buku Agama Buddha Kelas 7/VII Kurikulum 2013 Revisi 2016

| Buku Guru Pendidikan Agama Buddha Kelas 7/VII Kurikulum 2013 Revisi 2016

| Buku Siswa Pendidikan Agama Buddha Kelas 7/VII Kurikulum 2013 Revisi 2016