Buku Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016

Buku Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016

Dalam kurikulum pendidikan menengah di Indonesia saat ini, materi kesenian diajarkan melalui mata pelajaran Seni Budaya. Dalam mata pelajaran ini diajarkan 4 bidang seni yaitu seni rupa, musik tari dan teater. Sekolah wajib menyelenggarakan 2 dari 4 bidang seni yang ditawarkan tersebut. Pembelajaran Seni Budaya di sekolah tidak saja mengajarkan keterampilan praktis berkarya seni atau mempertunjukkan karya seni, tetapi digunakan juga sebagai media pendidikan secara menyeluruh.

Pendidikan melalui mata pelajaran Seni Budaya ini pada hakekatnya merupakan proses pembentukan manusia (peserta didik) melalui seni. Pendidikan Seni Budaya secara umum berfungsi untuk mengembangkan kemampuan setiap peserta didik menemukan pemenuhan dirinya (personal fulfillment) menjadi pribadi yang utuh.

Makna budaya dalam pembelajaran Seni Budaya menunjukkan upaya mentransmisikan (melestarikan dan mengembangkan) warisan budaya (kesenian) yang tersebar diberbagai suku bangsa di Indonesia. Melalui aktivitas pembelajaran seni budaya, peserta didik difasilitasi untuk memperluas kesadaran sosial dan dapat digunakan sebagai jalan untuk menambah pengetahuan.

Buku Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016

Tujuan pembelajaran seni budaya ini sejalan dengan tanggung jawab yang luas dari tujuan pendidikan secara umum. Materi pembelajaran seni budaya dalam buku ini merupakan revisi dari buku seni budaya sebelumnya berisi pengetahuan, materi dan cara belajar seni di sekolah dengan guru sebagai fasilitator yang menyediakan peluang bagi peserta didik untuk pemenuhan dirinya melalui pengalaman seni berdasarkan sesuatu yang dekat dengan kehidupan dan dunianya.

Melalui pendidikan seni budaya peserta didik diharapkan dapat melakukan studi tentang warisan budaya artistik sebagai salah satu bentuk yang signifikan dari pencapaian prestasi manusia.

Bentuk-bentuk kesenian yang dijumpainya dalam kehidupan sehari-hari maupun warisan budaya masyarakat didaerahnya diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesadaran terhadap peran sosial seni di masyarakat. Dengan demikian, peserta didik akan menemukan seni sebagai sesuatu yang penuh arti, otentik dan relevan dalam kehidupannya.

Upaya perbaikan materi isi dan penyajian buku ini dari buku sebelumnya tentu tidak serta merta menjawab kebutuhan situasi dan kondisi pembelajaran seni budaya yang sangat beragam di tanah air. Jenis materi latihan dan evaluasi yang ada dalam buku siswa serta panduan pembelajarannya yang ada dalam buku guru sama sekali bukanlah sesuatu yang kaku dan tidak dapat disubtitusikan.

Kompetensi profesional seorang guru seni budaya sangat memungkinkan untuk mengembangkan materi dan sajian buku ini sesuai dengan kecerdasan lokal dimana buku ini digunakan.

Akhir kata, upaya yang dilakukan tim penulis untuk menyempurnakan buku ini tentunya tidak dapat memuaskan semua pihak. Saran dan masukan dari guru sebagai pengguna dan fasilitator pembelajaran seni budaya di sekolah sangat berguna bagi penyempurnaan buku ini di masa yang akan datang.

 

Download Buku Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016 menggunakan link di bawah ini :

   | Buku Guru Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016
   | Buku Siswa Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016 (Semester 1)
   | Buku Siswa Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2016 (Semester 2)