Silabus Bahasa Mandarin Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Silabus Bahasa Mandarin Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Kelas X, XI, XII. Pembelajaran bahasa Mandarin secara formal dilaksanakan pada jenjang pendidikan menengah atas (SMA). Hal ini sesuai dengan Rumusan Seminar Politik Bahasa 1999 (Sutami, Wacana: 2007, 222)

yang menggolongkan bahasa Mandarin sebagai bahasa asing sehingga baru dapat diajarkan sebagai mata pelajaran penuh di jenjang pendidikan sekolah menengah.

Pembelajaran bahasa Mandarin pada jenjang SMA/MA bertujuan menghasilkan peserta didik yang mempunyai kemampuan dasar dalam komunikasi lisan

dan tulis sehingga dapat berkomunikasi dengan penutur Bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari dengan topik percakapan sederhana.

Di abad 21, batas ruang dan waktu telah menjadi pudar dalam menentukan batas-batas hubungan antarnegara dan individu.  Apalagi dipicu oleh kemajuan teknologi terutama teknologi komunikasi yang memungkinkan terjadinya

komunikasi antarindividu dan antarnegara tanpa dibatasi ruang dan waktu dalam berbagai bentuk yakni suara dan gambar yang menyajikan informasi, data, peristiwa dalam waktu sekejap.

Silabus Bahasa Mandarin Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016

Berdasarkan paparan di atas maka perlu dikembangkan kurikulum  yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang  produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi, yaitu Kurikulum 2013.

Dalam rangka mewujudkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, dan inovatif itu, proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara

interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,

dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa dan Sastra Mandarin di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Setelah mempelajari bahasa Mandarin di Pendidikan Menengah, peserta didik diharapkan mampu menggunakan beragam fungsi sosial kebahasaan untuk  berkomunikasi baik lisan maupun tulis

dalam berbagai situasi dan topik dengan bahasa Mandarin yang sederhana setara level A1 standar CEFR dan level 1 HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi/ Chinese Proficiency Test).

Silabus Bahasa Mandarin Peminatan Kurikulum 2013 SMA,MA,SMK,MAK Revisi 2016. Selengkapnya silahkan download DI SINI.